A. Latar Belakang
Pada era tahun 50-an, perkembangan dunia pendidikan di Indonesia berjalan lamban, hal ini dimungkinkan karena kondisi politik, ekonomi dan sosial masyarakat pada saat itu yang masih bergejolak. Terutama pendidikan yang ada didaerah-daerah yang jauh dari pusat pemerintahan. Tetapi keinginan dan antusias masyarakat untuk dapat mengenyam pendidikan sangat tinggi sehingga dibutuhkan suatu lembaga atau sekolah untuk mampu menampung anak-anak usia sekolah.

Melihat dari kondisi tidak adanya sekolah tingkat lanjutan bagi masyarakat yang akan melanjutkan sekolah, maka atas inisiatif dari karyawan dan pejabat di PN. Tambang Timah Bangka (PN.TTB) serta tokoh-tokoh pendidikan dimasyarakat didirikanlah sebuah Yayasan yang bergerak dibidang pendidikan, yaitu ”YAYASAN PENDIDIKAN NASIONAL BELINYU”.
Berdirinya Yayasan ini memberikan angin segar bagi masyarakat khususnya di Kecamatan Belinyu untuk dapat mengenyam pendidikan lebih tinggi dan terjangkau letaknya.
YPN sampai dengan saat ini telah banyak ikut andil dalam mencerdaskan pendidikan masyarakat di Kecamatan Belinyu dan sekitarnya, terbukti dengan berdirinya beberapa sekolah yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Nasional.

 

 

B. Perkembangan YPN

I. Sekolah-sekolah dibawah naungan YPN
1. Tahun 1958, berdiri SMP Nasional berlokasi di Jalan Muhidin. Kemudian pada tahun 1960 dialihkan kepada Pemerintah untuk dijadikan SMPN 1 Belinyu sampai dengan sekarang.
2. Tanggal 1 Agustus 1963 didirikan SMA YPN yang berlokasi di Jalan Muhidin dan pindah ke SDN 1 Jalan Singayhuda pada tahun 1970. Kemudian pada tahun 1994, SMA YPN menempati Eks gedung SD YPLP yang berlokasi di Gedung Eks THHK di Jalan Mayor Syafri Rahman belinyu.
3. Tanggal 1 Agustus 1967, YPN mendirikan ST (Sekolah Teknik) mengingat kebutuhan akan tenaga teknik pada saat itu, lokasi di gedung Eks THHK.
4. Tanggal 1 Januari 1970, karena tuntutan masyarakat yang membutuhkan keterampilan Teknik yang lebih tinggi, maka YPN mendirikan STM yang berlokasi sama dengan ST YPN.
5. Tanggal 1 Januari 1978, ST berintegrasi ke SMP YPN berdasarkan SK YPN Nomor: 18/YPN-VI/1977 tanggal 26 November 1977.
6. Tahun 1987, YPN mendirikan SMP YPN Silip yang kemudian dikenal dengan SMP YPN, hal ini dilakukan untuk mewujudkan keinginan masyarakat desa Riau Silip yang ingin melanjutkan pendidikan putra-putrinya setelah SD. Pada tahun 1996 Pemerintah mendirikan SMPN 3 di Riau Silip dan pada tahun tersebut SMP YPN ditutup.

II. Kepengurusan YPN
Sejak berdirinya YPN telah terjadi beberapa pergantian kepengurusan (Ketua Yayasan) yang disesuaikan dengan Kondisi PN. TTB pada saat itu, karena yang duduk dalam kepengurusan YPN kebanyakan berasal dari Karyawan PN. TTB.
Adapun susunan Kepengurusan YPN saat ini adalah sebagai berikut:

Pembina:
1. Ketua : Rustamsyah
2. Anggota : 1. Makmun Sidiq 2. Abdullah Aban

Pengurus :
1. Ketua Umum : Drs. Husaidi
2. Ketua Harian : Hadijah, S.Pd
3. Sekretaris : Abdul Sohe
4. Wakil sekretaris : Hazil Makruf, M.Hum
5. Bendahara : Ari Oktavianti, S.T