Pengertian Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah kegiatan wajib bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merupakan penerapan secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia Dunia Usaha / Dunia Industri untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.Pada Kurikulum 2013 (rev 2017) pelaksanaan PKL selama 120 hari / 24 minggu / 6 Bulan.

MAKSUD dan TUJUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

Pada kegiatan pembelajaran SMK siswa tidak hanya dituntut memiliki pengetahuan (kognitif) namun juga keterampilan, sehingga siswa SMK diproyeksi sebagai lulusan yang memiliki pengetahuan yang mumpuni namun sekaligus calon tenaga kerja yang terampil dan memiliki tingkat kompetensi yang diharapkan. Untuk itu siswa harus diberikan kesempatan pengalaman yang dilaksanakan di dunia usaha /dunia industri dalam bentuk praktek kerja lapangan. Di dunia usaha/dunia industri ini siswa memperoleh banyak hal yang tidak didapatkan selama proses belajar di sekolah. Disamping itu siswa akan mampu mendapatkan pengalaman nyata bagaimana kondisi dunia kerja sesungguhnya, sehingga suatu saat siswa memasuki dunia kerja akan lebih muda untuk beradaptasi.
Lulusan SMK yang berpengetahuan dan terampil dan mendapatakan pengalaman PKL di dunia usaha/dunia industri akan membuatnya kompetitif di dunia kerja baik dalam persaingan mendapatkan pekerjaan maupun setelah menjadi tenaga kerja.
Adapun tujuan diadakan pelaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) antara lain :
- Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha,
- Menumbuhkan & meningkatkan sikap profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia usaha,
- Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas tehadap siswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya
- Meluaskan wawasan dan Pandangan Siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana Siswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).