AKM adalah Asesmen Kompetensi Minimum, yang mana merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang juga terdiri dari Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. AKM mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif para siswa. Lewat AKM ini diharapkan bisa mengukur kompetensi dasar siswa yang diperlukan peserta didik dalam mengembangkan kapasitas diri.

Untuk mengikuti AKM ini siswa melaksanakannya menggunakan komputer secara daring (online) seperti pelaksanaan Ujian Nasional lalu.Pelaksanaan AKM di SMK YPN Belinyu pada tanggal 20 - 21 September 2021 yang diikuti oleh 45 siswa di empat jurusan,TKR,TBSM,TKJ dan MM.Pada 2 hari pelaksanaan ini hari pertama adalah literasi dan hari kedua adalah narasi.

Masih dalam pelaksanaan AKM yang diikuti oleh siswa, guru-guru mengikuti Survey Lingkungan Belajar. Survey Lingkungan Belajar ini memotret lingkungan belajar baik di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. Sehingga lewat asesmen nasional ini bisa didapatkan gambaran komprehensif dari satuan pendidikan,mendorong perubahan positif dalam cara guru mengajar, cara kepala sekolah memimpin pembelajaran, pengawasan sekolah, hingga cara pemerintah daerah melakukan evaluasi diri dalam penganggaran agar lebih berorientasi pada kualitas.